Popular Posts

Google Trends Indonesia

Wednesday, March 04, 2009

059.Mengapa SBY Memakai Facebook


Judul di atas dijiplak dari Notes kedua di situs jejaring sosial Facebook milik Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang ditulis hari Minggu (08.02.2009) yang beralamatkan di http://www.facebook.com/people/Susilo-B-Yudhoyono/1282814146.

Pemakaian situs Facebook bikinan Mark Zuckerberg di berbagai kalangan di Indonesia memang menjadi trend baru di dunia komunikasi tanpa memandang jabatan, derajad atau profesi. Barack Obama yang menjadi Presiden Amerika Serikat juga rajin bermain Facebook dari awal sampai saat ini. Bagaimana dengan tokoh politik di Indonesia? Tahun ini adalah tahun pemilu, sudah mulai tahun lalu beberapa caleg dan 'capres' membuat akun di Facebook, buat Grup bahkan Fans Page, ada yang terang-terang mengkampanyekan dirinya via iklan di Facebook atau sekedar membuat jaringan.

Presiden Republik Indonesia saat ini, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah memiliki beberapa saluran komunikasi dengan masyarakat Indonesia mulai Kotak Pos 9949, SMS 9946 dan situs resmi www.presidensby.info dan akhirnya memiliki akun di Facebook dengan pertimbangan yang rumit dan panjang menurut paparan beliau yang termuat di Notes keduanya setelah Notes pertama yang memuat biografi beliau. Terus kenapa Facebook bukan Friendster atau MySpace atau situs jejaring sosial milik lokal? Menurut beliau pemilihan Facebook bukan karena keputusan politis atau ekonomis tetapi lebih dikarenakan pertimbangan praktis (pertimbangan praktis dan gampang dioperasikan inilah menjadi salah satu keunggulan Facebook)

Yang perlu digarisbawahi dengan kehadiran situs pertemanan SBY ini adalah beliau akan berusaha selalu hadir secara pribadi di sela-sela kesibukan setiap harinya (meski memang beliau kadang menugaskan staf-nya buat mengkonfirmasi permintaan pertemanan) dan yang jelas kehadirannya sebenarnya bersifat sangat pribadi di luar tugas kepresidenan. Menurut beliau juga tidak ada kaitannya dengan kampanye menjelang Pemilu tahun ini dan semata-mata untuk mengembangkan komunikasi antara saya dengan masyarakat Indonesia.

Pengin jadi teman pak SBY di jaringan pertemanan Facebook? Segera meluncur ke akun beliau yang liris bulan Februari kemarin yang beralamat di http://www.facebook.com/people/Susilo-B-Yudhoyono/1282814146. Saat ditulis Notes ini masih berjumlah 2.057 friends dan di akun Facebook saya hanya 2 friends in common, setiap jam terus bertambah. Kalo Page milik Barack Obama memiliki 5.762.695 supporters (saat ini) mungkin friends SBY akan melampaui batas maksimum yang ditetapkan Facebook sebesar 5.000 friends dan mungkin sebaiknya beliau juga bikin Official Pages di Facebook dengan member lebih dari 5.000 supporters, saat ini di Facebook sudah ada Pages Susilo Bambang Yudhoyono dengan jumlah 55 ribu supporters tetapi belum jelas apakah ini official pages.



No comments: