Saturday, March 14, 2009

069.Perpanjang SIM di Bus SIM Keliling (Samsat Mobile)


Hari ini mencoba memperpanjang SIM A melalui bus SAMSAT Keliling (SAMSAT Mobile) yang ada di Jakarta, awalnya cari-cari lokasi bus mangkal yang terdekat, awalnya nemu jadwal dari website http://cybermap.cbn.net.id trus langsung meluncur ke Lindeteves Trade Centre di kawasan Glodok Hayam Wuruk Jakarta. Sempet bingung juga cari tempat mangkalnya, ternyata ada di halaman luar depan lobi utama yang menghadap jalan Hayam Wuruk.

Jam setengah 10 pagi udah ramai antri dipanggil buat proses pembuatan SIM, di bus layanan SIM Keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM A maupun SIM C untuk wilayah Polda Metro Jaya dan tidak melayani pembuatan SIM baru atau yang sudah expired dan melebihi peraturan untuk perpanjangan. Ada petugas khusus di luar mobil yang kasih formulir buat diisi plus scan SIM lama dan KTP, biaya buat scan sebesar 2000 rupiah, setelah diisi sendiri data-data secara lengkap tinggal tunggu panggilan sekitar satu jam sesuai antrian. Prosesnya memang cepat dan hanya perlu biaya perpanjangan SIM sebesar 100 ribuan (gak perlu antri lama plus gak perlu pake calo sgala....). Cuman tadi berhubung Hari Sabtu cuman sampai jam 12 siang jadi pendaftarannyapun dibatasi sampai jumlah tertentu saja.

Ada beberapa tempat yang dikunjungi mobil SIM Keliling setiap harinya dari Senin sampai Jumat (08.00 - 15.00 WIB) dan hari Sabtu (08.00 - 12.00 WIB), selain bisa dibuka di beberapa website juga bisa ditanyakan langsung via SMS ke nomor 1717 atau bisa juga telepon ke 021-5276001 Tempat mangkal Bus Samsat Mobile ini biasanya di dareah Kalibata, Puri Kembangan, Joglo, Megamal Pluit, Kebun Binatang Ragunan, Gedung Pelni, Makro Pasar Rebo atau beberapa daerah sesuai jadwalnya.

Selain mengadakan layanan mobile dengan Bus Samsat Keliling, juga ada Gerai Samsat di beberapa tempat untuk layanan perpanjangan SIM dan STNK. Di daerah lain sepertinya juga sudah ada Gerai seperti ini, di Surabaya pernah lihat di salah satu mal besar di sana. Sedang kalau layanan mobile Samsat yang berpindah-pindah juga ada di wilayah Polres Bogor, trus wilayah Bandung juga ada, selain itu diberbagai daerah lain seperti Purwakarta dan Cirebon.

Mungkin ada yang mau berbagi pengalaman dengan layanan ini atau tambahin info lokasi di daerah-daerah selain di Jakarta?

Written by: tamtomo, 14.03.09

No comments: