Popular Posts

Google Trends Indonesia

Friday, April 28, 2006

113.Lupakan Jasa & Kebaikan Diri

Semakin kita sering menganggap diri penuh jasa dan penuh kebaikan pada orang lain, lalu berharap agar orang lain menghargai, memuji, dan membalasnya, maka semua ini berarti kita sedang membangun penjara untuk diri sendiri dan sedang mempersiapkan diri mengarungi samudera kekecewaan dan sakit hati.

Ketahuilah bahwa semakin banyak kita berharap sesuatu dari selain Allah SWT, maka semakin banyak kita akan mengalami kekecewaan.
Karena, tiada sesuatu apapun yang dapat terjadi tanpa ijin Allah.
Sesudah mati-matian berharap dihargai makhluk dan Allah tidak menggerakkan orang untuk menghargai, maka hati ini akan terluka dan terkecewakan karena kita terlalu banyak berharap kepada makhluk.

[Selanjutnya]

Wednesday, April 26, 2006

112.Arti Memiliki

Kategori: MOTIVATION

Relationship itu suatu hal yang mengesankan dan 'harus dipertahankan' jika memang udah sepadan.

Seperti kata kata berikut:


Cinta tak pernah akan begitu indah, jika tanpa persahabatan.....
yang satu selalu menjadi penyebab yang lain dan prosesnya...
adalah irreversible......
Seorang pecinta yang terbaik adalah sahabat yang terhebat.
Jika kamu mencintai seseorang, jangan berharap bahwa seseorang itu akan mencintai kamu persis sebaliknya dalam kapasitas yang sama.
Satu diantara kalian akan memberikan lebih, yang lain akan dirasa kurang...........
Begitu juga dalam cinta: kamu yang mencari, dan yang lain akan menanti......


[Selanjutnya]

Monday, April 24, 2006

111.Value Through Innovation


Friday, April 21, 2006

110.Honesty, Is Such Lonely Word

Kejujuran hanya menyakitkan bagi dia yang telah mengabaikannya.
Dalam perkumpulan-perkumpulan yang tulus dan ikhlas, Anda bisa merasakan keharuan atau kegelisahan - sesuai dengan tingkat pengabaian Anda terhadap kejujuran.


Bila Anda telah membiasakan diri dengan jalan-jalan yang tulus dan ikhlas, Anda akan berbahagia menemukan diri Anda berada dalam pergaulan yang jujur.
Tetapi bagi dia yang telah mengabaikan kejujuran - ada perasaan terbuang dan terendahkan yang menggeliat di dadanya.
Bila kebaikan masih kuat di hatinya, dia akan mendekat dan memandikan dirinya dengan air sejuk ketulusan dan keikhlasan yang sebetulnya telah lama dirindukannya.

Tetapi bila hatinya telah kaku dengan kerak penistaan atas kebutuhannya untuk menjadi pribadi yang mulia, dia akan menyingkir dengan upaya keras untuk melupakan kebaikan yang telah membuatnya gelisah.

Kejujuran adalah citra terbaik.


Setiap hari, kita dihadapkan pada pilihan untuk mengutamakan kemampuan yang terhormat atau kekayaan yang cacat.


Perasaan damai bersama diri sendiri datang dari kejujuran kepada diri sendiri.
Hormat kepada diri sendiri adalah pembentuk keberanian pribadi yang sebenarnya.

Hati yang jujur menghasilkan tindakan-tindakan yang jujur.

[Selanjutnya]

109.Berpikir Sejak Bangun Tidur (Harun Yahya)

Kategori: SPIRIT

Tidak diperlukan kondisi khusus bagi seseorang untuk memulai berpikir.
Bahkan bagi orang yang baru saja bangun tidur di pagi hari pun terdapat banyak sekali hal-hal yang dapat mendorongnya berpikir.
Saat bangun tidur, rasa capai atau kantuk seakan telah sirna.


Ketika berpikir akan hal ini, ia teringat sebuah firman Allah: "Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha."

[Selanjutnya]


Wednesday, April 19, 2006

108.Kesedihan

Sudah berjalan demikian lama dalam peradaban manusia, di mana kesedihan berdiri sebagai musuh atau penyakit yang menakutkan.
Amat dan teramat sedikit orang yang merindukan kesedihan.
Stres, sedih, penyakit dan bahkan depresi itulah rekan-rekan yang diyakini dibawa kesedihan setiap kali ia berkunjung.
Tidak ada teman lain.
Sehingga bisa dimaklumi, kalau kemudian kesedihan duduk dalam kursi musuh yang hanya layak ditakuti.
Tentu saja akan menimbulkan perdebatan yang panjang, kalau tiba-tiba secara antagonistis ada yang berucap, "Kalau kesedihan adalah kawan yang amat menawan."

Terlepas dari perdebatan terakhir, kesedihan memang kerap membawa luka-luka.
Salah-salah, kesedihan juga yang bisa membawa manusia tergelincir ke dalam luka-luka jiwa yang menakutkan.
Hampir semua manusia yang mengalami luka-luka jiwa awalnya dibukakan pintu oleh kesedihan.
Kesedihan, kekecewaan dan wajah emosi sejenislah yang menjadi pembuka pintunya.
Tentu mudah dipahami kalau banyak orang kemudian menakutinya.

Sayangnya, setakut apa pun manusia sama kesedihan, sejauh apa pun manusia lari dari kesedihan, sehebat apa pun alat pelindung yang dimiliki manusia, tidak ada satu pun kekuatan yang bisa membuat manusia absen sepenuhnya dari kesedihan.
Datang dan datang lagi, itulah perilaku kesedihan.
Entah dia datang untuk tujuan apa pun, kalau saatnya datang, ya, datang.
Ada sahabat yang memberi judul kejam akan hal ini, sebab tidak menyisakan pilihan lain.

Belajar dari kenyataan dalam bentuk tidak ada pilihan lain inilah, kemudian ada sejumlah penekun kejernihan yang mencoba membuka wajah-wajah lain dari kesedihan.
Ternyata, tidak semua wajah kesedihan itu buruk.
Sebagian wajah kesedihan malah membukakan pintu-pintu kemuliaan.
Dalam kondisi kelelahan mengalami kesedihan, seorang pejalan kaki di dunia kejernihan pernah sampai dalam kesadaran, kalau kesedihan hanyalah petunjuk adanya kedangkalan.
Semakin dangkal pemahaman seseorang akan kehidupan, semakin sering kesedihan berkunjung.
Makna ini sekaligus memberikan masukan, kesedihan datang untuk menggali dalam-dalam sumur pemahaman.

Agak sulit membayangkan ada kedalaman pemahaman akan kehidupan, tanpa melalui perjalanan panjang akan kesedihan.
Tanpa kesedihan, meminjam istilah seorang guru, yang tersisa hanya swimologi.
Belajar berenang hanya dengan memandang gambar kolam renang.
Tentu saja tidak bisa berenang ujungnya.
Menyelam dalam di tengah kolam renungan seperti inilah, kemudian mulai ada orang yang berterimakasih akan kunjungan kesedihan.
Bukan karena mau gagah-gagahan, sekali lagi bukan.
Melainkan karena hanya kesedihan yang bisa memperdalam kolam-kolam pemahaman.
Dalam bahasa lain, kesedihan adalah salah satu saklar yang menghidupkan cahaya-cahaya jiwa.

Tuesday, April 18, 2006

107.Seandainya

berharap dari suatu peristiwa yang sudah terjadi
untuk tidak menjadi mimpi
tetapi berubah menjadi suatu senyuman abadi kenyataan pasti

menekan perasaan untuk suatu yang pasti sulit untuk dimiliki,
berharap untuk bertemu embun yang menyejukan hati...
seandainya.......

janganlah berhenti berharap,
karena hanya harapan yang menjadi penyemangat hati yang sudah mulai beku
beku karena dinginnya orang yang dikasihi....
seandainya.......

seandainya waktu bisa kembali...
pasti segalanya menjadi lebih pasti dan berarti.......
seandainya tidak ada ada luka dihati
pasti tidak ada yang harus diamini
memahami bukan berarti menyakiti
mengerti bukanlah dengan buaian emosi
seandainya........

seandainya boleh tidak ada airmata....
kan kugapai indah matanya
aku hanya ingin ungkapkan sejujurnya
ada satu kata yang tidak terucap diantara kita,
yang berujung pada perasaan yang sama

106.Cara Bahagia

Kategori: MOTIVASI


Jiwa yang sejahtera menggambarkan seberapa positif seseorang menghayati dan menjalani fungsi-fungsipsikologisnya. Peneliti psycho-logical well-being, Ryff (1995) menyatakan, seseorang yang jiwanya sejahtera apabila ia tidak sekadar bebas dari tekanan atau masalah mental yang lain.
Lebih dari itu, ia juga memiliki penilaian positif terhadap dirinya dan mampu bertindak secara otonomi, serta tidak mudah hanyut oleh pengaruh lingkungan.

ADAKAH manusia yang tak ingin bahagia?

[SELANJUTNYA]

Monday, April 17, 2006

105.Leadership

Leadership is not magnetic personality-that can just as well be a glib tongue. It is not "making friends and influencing people"-that is flattery. Leadership is lifting a person's vision to higher sights, the raising of a person's performance to a higher standard, the building of a personality beyond its normal limitations - Peter F. Drucker.

Leadership is the special quality which enables people to stand up and pull the rest of us over the horizon - James L. Fisher.

Leadership is the challenge to be something more than average - Jim Rohn

No organization is stronger than the quality of its leadership, or ever extends its constituency far beyond the degree to which its leadership is representative - Edgar Powell.

The nation will find it very hard to look up to the leaders who are keeping their ears to the ground - Winston Churchill

Leadership should be more participative than directive, more enabling than performing - Mary D. Poole.

To lead the people, walk behind them - Lao-tzu

Leaders don't force people to follow-they invite them on a journey - Charles S. Lauer

When the leadership is right and the time is right, the people can always be counted upon to follow-to the end and at all costs - Harold J. Seymour

It is better to have a lion at the head of an army of sheep, than a sheep at the head of an army of lions - Daniel Defoe

Thursday, April 13, 2006

104.Truth, Cry and Lie

a red rose cheeks
a drop of tear to weep
reminds me of you.
a long side a sigh
a long side of cry

a soft summer rain, a smile that hides a pain
why should you be ashamed
cause in every life.
a little rain must fall

[Lanjutan lirik-nya Letto Truth, Cry & Lie ada di sini]

103.Saat Lapang & Saat Sempit

Kategori: SPIRIT

Ada kalanya seseorang diposisikan oleh Allah ke dalam keadaan qabd (sempit) dan ia ingin segera hijrah ke posisi bast (lapang).
Betapa pun besarnya keinginan orang itu, jika suratan takdir Ilahi belum saatnya, maka ia akan tetap berada dalam kesempitan.
Semakin meronta untuk hijrah dari gelap ke terang, ia makin ''kesakitan''.
Bagaimana mungkin di malam yang pekat seseorang mencari secercah sinar matahari?
Itulah sebabnya, Syekh Atha'illah Asy-Syakandari dalam kitab Hikam-nya menerangkan bahwa saat qabd, seseorang hendaknya menenangkan dirinya dan bersabar menunggu fajar.
Dalam gelapnya malam, janganlah berharap mencari terangnya sinar matahari, tetapi hendaknya menikmati keadaan malam yang sesungguhnya yang tidak kalah dengan siang hari.

[Selanjutnya]

Wednesday, April 12, 2006

102.Belajar Menerima Kekalahan

Kategori: MOTIVASI

Dalam perjalanan hidup manusia tak akan pernah luput dari kekalahan dan kemenangan. Kekalahan kemenangan ini jangan hanya diartikan sempit terjadi dalam suatu kompetisi atau pertandingan saja, tetapi banyak hal di dalam kehidupan ini dapat diartikan sebagai kekalahan dan kemenangan diri.
Saat kita berhasil lulus kuliah dengan nilai yang baik, kita akan sangat merasa bahagia karena kita pasti akan merasa waktu 4 tahun belajar tidak sia-sia belaka, kita berhasil, kita menang melawan nafsu-nafsu untuk akhirnya mendapatkan nilai yang bagus. Kemenangan diri bisa diartikan kesukseksan yang bisa kita capai.

Lawan dari kemenangan, adalah hal yang terkadang sulit kita terima, yaitu kekalahan. Kekalahan sangat menyakitkan apabila kita sangat berharap dan tidak mendapatkannya, terlebih bila tidak disertai perasaan untuk menerima kekalahan tersebut.

[Selanjutnya]


101.Website Letto

Kategori: All About Letto

Sebuah website resmi dari kelompok musik LETTO dari Jogja yang menyebut dirinya Band nDeso soko Jogja akhirnya ketemu juga dengan tampilan yang asik pake Flash.
Website ini emang belum lengkap sih cuma ada foto-foto mereka serta profil mereka masing-masing.
Emang udah ada juga jadwal mereka manggung ampe awal maret tetapi masih kurang lengkap deh rasanya..... btw buat yang bikin lengkapi dong and yang lebih enak lagi kalo loadingnya agak cepetan....

Link-nya diliat di: www.the-letto.blogspot.com

Monday, April 10, 2006

100.ADA Band, Romantic Rhapsody

SUKSES dengan album Heaven of Love yang menembus angka 800 ribuan, ADA Band seperti tak mau kehilangan moment.
Memposisikan diri sebagai band pengusung lagu-lagu romantis, Dika [bas], Marshal [gitar], Khrisna [kibor], dan Donny [vokal], kembali merilis album dengan karakter dan tema sejenis di album barunya.

April 2006 ini, ADA Band merilis album yang diberi titel ROMANTIC RHAPSODY.
Nyaris tidak ada yang berbeda dengan album sebelumnya, karena semuanya bicara cinta dan romantisme.

Untuk info selengkapnya dan liat lirik single terbarunya "Karena Wanita Ingin Dimengerti" klik aja link di bawah ini:

[Selanjutnya]

099.Terlalu Indah

satu yang kudamba
harapan jiwaku
hadirnya dirimu
datangnya bayangmu
menyentuh jiwa ini
menghanyutkan semua angan

apa yang ku cari
hanyalah asaku
kepada dirimu
seluruh hidupku
berikan kepadaku
setitik rasa itu

aku mencoba
ungkap rasa ini
karna ku tak sanggup
tak mampu tuk berbicara
begitu berat untuk ku katakan
tak sanggup ku menatapmu
terlalu indah bagiku

adakah berarti
diriku bagimu
akankah hatimu terbuka untukku
di mana celah itu
kan ku beri sinarku

takkan hatiku berharap
bila suatu saat nanti
semua kan terjadi
oh


(terlalu indah, cokelat, 2006)

Saturday, April 08, 2006

098.GIGI, Next Chapter: album ke 9 di Usia ke 12

22 Maret 2006 GIGI tepat memasuki angka 12 tahun.
Sebuah perjalanan yang panjang bagi sebuah band yang pernah mengalami pasang surut di Industri musik.
Bagaimana mereka mulai tumbuh, menjadi besar, mengalami konflik internal yang berujung pada pergantian personil, mengalami masa-masa saat menjadi rock star, hingga matang dalam kedewasaan.

[Selanjutnya]

Friday, April 07, 2006

097.Leadership Action Triggers

Kualitas pertama dan yang paling penting dari sebuah tindakan adalah pelaksanaannya, baru kemudian ketepatan tindakannya, kemudian kemudahan melakukannya, kemudian ketepatan biayanya, dan kemudian yang terakhir adalah keindahan dari pelaksanaan dari tindakan itu.
Tetapi para ahli menunda tindakan itu ada di mana-mana.
Dan karena tidak melakukan yang seharusnya mereka lakukan, mereka jadinya -harus melakukan yang seharusnya tidak mereka lakukan.
Itu sebabnya banyak orang yang terlambat mencapai yang telah lama dicapai oleh orang lain.

[Selanjutnya]

096.All About Letto

Awalnya agak heran mendengar lagu beda dari band aneh dari Jogja.
Ternyata Letto namanya. asyik dan meng-indonesia, khas paguyuban...
Tambah heran setelah membaca Kompas Minggu (19/03) yang mengulas tentang band ini, ternyata e, ternyata, vokalisnya Noy, anak kandung dari salah satu orang yang hangat di benak, Cak Nun. (baru ngeh mengapa lirik mereka begitu filosofis dan "kuat". hehehe).

Kalo mau lengkap tentang Letto boleh buka di: www.the-letto.blogspot.com
Or terusan artikel ini di: sini

Thursday, April 06, 2006

096.Lima Dimensi EQ (Emotional Intellegence Quotation)

Kategori: MOTIVASI

Bahagiakah Anda?
Jika Anda belum tahu jawabannya atau jangan-jangan Anda malah benar-benar tidak bahagia cobalah lakukan 25 tip mudah dan praktis berikut ini.
Setelah menerapkannya, lihatlah hasilnya. Anda akan merasa sangat bahagia.

Kalau kita bertanya pada beberapa orang tentang "Apa arti bahagia bagimu?" maka jawabannya beragam.
Tetapi satu hal yang pasti sama, yaitu setiap orang ingin hidup bahagia.
Meraih kebahagiaan dalam hidup pastilah menjadi impian kita.
Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mencapai hidup bahagia?
Tidak ada resep tertentu yang paling ampuh.
Banyak cara bisa dilakukan dan banyak jalan bisa ditempuh.

[SELANJUTNYA]

Wednesday, April 05, 2006

095.AA Gym, Bila Selalu Mengingat Mati

Sehalus-halus kehinaan di sisi ALLAH adalah tercerabutnya kedekatan kita dari sisi-Nya.
Hal ini biasanya ditandai dengan kualitas ibadah yang jauh dari meningkat, atau bahkan malah menurun.
Tidak bertambah bagus ibadahnya, tidak bertambah pula ilmu yang dapat membuatnya takut kepada ALLAH, bahkan justru maksiat pun sudah mulai dilakukan, dan anehnya yang bersangkutan tidak merasa rugi.
Inilah tanda-tanda akan tercerabutnya nikmat berdekatan bersama ALLAH Azza wa Jalla.

[Selanjutnya]

094.Pemimpin adalah S.I.F.A.T

KATEGORI: MOTIVATION

Pemimpin seharusnya memberikan tauladan yang baik kepada orang yang dipimpinnya, serta mampu untuk memberikan sebesar-besarnya manfaat bagi yang dipimpinnya, memiliki kepercayaan diri yang kuat sehingga membuat nyaman bagi orang yang dipimpinnya, serta menjunjung tinggi keadilan dan kejujuran.

Terdapat lima sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu :

(S) siddiq (benar) dalam perkataan dan tindakan
(I ) istiqomah (terus menerus) memberkan contoh yang baik serta motivasi yang positif.
(F) fathonah, memiliki kecerdasan dan pemikiran yang kreatif.
(A) amanah, sangat bertanggungjawab pada orang yang dipimpinnya, serta kebijakan/ tindakan yang dia lakukan.
(T) tabligh, memberikan informasi yang baik, serta mendorong kemajuan orang yang dipimpinnya.

Tuesday, April 04, 2006

093.Jangan Merasa Diri Lebih Baik

Kategori: MOTIVATION
Sebuah kapal karam di tengah laut karena terjangan badai dan ombak hebat.
Hanya dua orang lelaki yang bisa menyelamatkan diri dan berenang ke sebuah pulau kecil yang gersang.
Dua orang yang selamat itu tak tahu apa yang harus dilakukan.

Namun, mereka berdua yakin bahwa tidak ada yang dapat dilakukan kecuali berdoa.
Untuk mengetahui doa siapakah yang paling dikabulkan, mereka sepakat untuk membagi pulau kecil itu menjadi dua wilayah.
Dan mereka tinggal sendiri-sendiri berseberangan di sisi-sisi pulau tersebut.

[Selanjutnya]

092.Rayuan Cinta Iwan Fals

Kategori: MUSIC

Sosok Iwan Fals bagi sebagian pecinta musik Indonesia adalah seorang pahlawan.
Karya dan lagu-lagunya seperti Bento, Bongkar, Pesawat Tempur, Oemar Bakri dan masih banyak lagi telah menjadi inspirasi, dan semangat dalam memperjuangkan kebebasan, melawan penindasan dan ketidak adilan.
Dia bahkan dianggap mewakili suara rakyat.

[Selanjutnya]