Sunday, March 22, 2009

084.The 7 Laws of Happiness (Arvan Pradiansyah)

di hari minggu kali ini akan mereview buku terbaru milik arvan pradiansyah berjudul "the 7 laws of happiness", arvan pradiansyah adalah seorang penulis buku, motivator dan konsultan sdm ternama. buku larisnya sebelumnya berjudul "you are a leader" trus ada lagi "life is beautiful" dan "cherish every moment". selain menulis buku, arvan juga aktif mengisi acara di salah satu radio terkemuka di jakarta.

buku terbaru"the 7 laws of happiness" atau "tujuh rahasia hidup yang bahagia", arvan mengungkapkan tujuh rahasia sumber kebahagian yang dirumuskan dalam tiga kelompok rahasia yang terdiri dari kelompok 3-3-1. tiga rahasia pertama berhubungan dengan hubungan manusia dengan diri sendiri (interpersonal relation), ketiga rahasia kedua yakni hubungan kita dengan orang lain (interpersonal relation) dan satu rahasia terakhir berupa hubungan manusia dengan tuhannya. rincian dari ketujuh rahasia itu antara lain sabar (patience), syukur (gratefulness), sederhana (simplicity), kasih (love), memberi (giving), memaafkan (forgiving) dan terakhir pasrah (surrender).

menurut arvan pradiansah, orang yang berbahagia adalah orang yang dapat berdamai dengan dirinya, dengan orang lain, dan dengan tuhan dan ketujuh rahasia ini harus dibangun secara berurutan dan tidak bisa melompat-lompat. yang utama dalah mengajak untuk melatih pikiran kita, melatih untuk menyaring pikiran-pikiran yang masuk ke kepala kita, melatih untuk memilih pikiran-pikiran apa yang layak kita izinkan masuk ke kepala kita dan pikiran-pikiran yang harus kita tolak dan yang disingkirkan sejauh mungkin.

dengan membaca buku itu kita juga akan tahu bahwa sebenarnya sumber kebahagiaan itu adanya di dalam pikiran, mungkin selama ini kita tahu bahwa sumber kebahagian itu berada di hati, tetapi hati yang mana? yang paling tepat adalah pikiran. dengan memilih pikiran-pikiran yang sehat dan membuang yang tidak sehat akan membantu dan melatih kita untuk hidup bahagia.

Buku: The 7 Laws of Happiness (Tujuh Rahasia Hidup Yang Bahagia)
Penulis: Arva Pradiansyah
Penerbit: Kaifa
Tahun: 2008



No comments: