Saturday, March 20, 2010

080.Earth Hour, Ubah Dunia Dalam 1 Jam


Seperti tahun lalu yang dilangsungkan tanggal 28 Maret 2009, WWF melakukan kampanye penyelamatan bumi dengan tema Earth Hour, kalo tahun lalu dengan "60 Menit Tanpa Lampu", tahun ini masih sama yakni "Ubah Dunia Dalam 1 Jam" dengan mematikan lampu pada hari Sabtu besok tanggal 27 Maret 2010 mulai jam 8.30 malam sampai 9.30 malam alias 1 jam.

Kampanye Earth Hour ini sendiri mengangkat isu utama tentang Perubahan iklim merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan dan salah satu cara untuk mengurangi percepatan pemanasan global adalah dengan membuat setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. Earth Hour berupa inisiatif global yang mengajak individu, praktisi bisnis, pemerintah, dan sektor publik lainnya di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu (hanya) dalam 1 jam. Kalo menurut sejarahnya kampanye ini berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan agar dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat membantu menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang mudah sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.

So.. dukung aja kampanye Earth Hour kali ini seperti kampanye "Earth Hour, 60 Menit Tanpa Lampu" tahun lalu wong Benny & Mice juga ikutan ngedukung kampanye ini, gak percaya? liat aja kartun ini: Earth Hour Ala Benny & Mice. Kalo tahun lalu duo bersaudara Katon & Nugie membawakan Jika Bumi Bisa Bicara kali ini Coldplay mempersembahkan secara sukarela lagu Fix You untuk soundtrack film Earth Hour 2009, lagu ini seolah mewakili semangat para pendukung Earth Hour dari belahan dunia manapun. So buktikanlah sendiri dengerin lagu ini dan bayangin lagu ini jadi pengiring acara Earth Hour.

Buat yang pengen ngedukung Earth Hour Indonesia, join ya bersama volunteer yang lain tanggal 21-29 Maret ini dengan cara datang langsung ke Pintu 1 Senayan besok pagi alias tanggal 21 Maret 2010 dengan dress code baju hitam.

Info Earth Hour Indonesia: http://www.earthhour.wwf.or.id

No comments: