Popular Posts

Google Trends Indonesia

Sunday, November 16, 2008

681.Kontroversi "Monster Air di Ancol"




Bangkai ikan dilempar ke laut, secepat kilat dikerubuti beberapa binatang kecil berwarna putih oval "monster" yang memakan bangkai tersebut. Itulah cuplikan video amatir yang diposting di YouTube ternyata membawa kontroversi, video bikinan Bocah Petualang Production yang taruh di YouTube dan berjudul "Waspada Ancol! Ada Monster Air!" bahkan menjadi bahan pembicaraan di kantor, sekolah, berbagai forum internet bahkan di beberapa media masa seperti koran, radio dan tv.

Kontroversi mulai dari komentar pakar telematika Roy Suryo yang bilang video tersebut bukan dibikin di Indonesia dan ternyata si pembuat video Keyno Rizka bersama beberapa keponakannya dari Bandung yang kebetulan lagi jalan-jalan di pesisir pantai Ancol di bulan mei lalu. Respon cepat dilakukan oleh Manajemen Ancol yang menerangkan bahwa "monster" itu benar adanya dan bernama Kutu Air yang banyak terdapat di kawasan Danau Putri Duyung, Ancol Barat dan Ancol Timur.

Sampel binatang tersebut juga dikirim ke LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang menetapkan binatang tersebut adalah parasit ikan yang tak berbahaya buat manuasia ciman memakan bangkai busuk. Kutu Air ini sejenis herbivora dari kelompok isopoda jenis cirolana yang emang sering terdapat di pesisir pantai. Jadi binatang ini gak berbahaya dan gak perlu takut ke pesisir pantai khususnya di Ancol.
Post a Comment