Monday, November 10, 2008

672.Kenapa Hari Ini Hari Pahlawan?

Ada yang masih inget gak ya kalo hari ini adalah Hari Pahlawan trus ada yang inget juga ya kenapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya? Menurut buku-buku sejarah tanggal 10 November, tepatnya di tahun 1945 konon merupakan batas akhir yang diultimatumkan Mayjend Mansergh dari tentara sekutu supaya Surabaya menyerah, sebelumnya arek-arek Suroboyo berhasil membunuh pucuk pimpinan tentara sekutu yaitu Brigjen Mallaby yang berusaha menguasai Surabaya pada tanggal 30 Oktober 1945, ingat pula Insiden Hotel Yamato atau Insiden Tunjungan.

Akan tetapi di hari yang ditentukan tersebut, arek-arek Suroboyo pantang surut bahkan mengobarkan semangat perlawanan, banyak sekali organisasi perjuangan yang telah dibentuk masyarakat, termasuk di kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar. Badan-badan perjuangan itu telah muncul sebagai manifestasi tekad bersama untuk membela republik yang masih muda, untuk melucuti pasukan Jepang, dan untuk menentang masuknya kembali kolonialisme Belanda (yang memboncengi kehadiran tentara Inggris di Indonesia). Pada tanggal 10 November pagi Pada tentara Inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang. Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.

Pihak Inggris menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank, dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak. Namun di luar dugaan, ternyata para tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari kalangan ulama' serta kiyai-kiyai pondok jawa mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat umum juga ada pelopor muda seperti Bung Tomo dan lainnya sehingga perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh di tangan pihak Inggris.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

No comments: