Thursday, April 09, 2009

105.Pemilu On Twitter

hari ini (09.04.09)dilangsungkan pemilihan umum alias pemilu unruk menentukan wakil rakyat yang akan duduk di dprd I, dprd II, dpd dan dpr. pemilu kali ini diikuti cukup banyak parpol peserta pemilu sebanyak 44 partai yang meliputi partai lama, partai lama yang ganti nama ataupun partai yang bener-bener baru.

yang berbeda juga adalah, kali ini pemungutan suara bukan berupa pencoblosan tetapi dengan sistem pencontrengan dan satu lagi kita sendiri yang menentukan contrengan pada masing-masing caleg bukan lagi berdasarkan partai. dengan berbagai perubahan ini, para caleg akan bersaing ketat dengan caleg lainnya, bahkan caleg satu partai. so beberapa waktu yang lalu banyak sekali foto-foto narsis dari para caleg diberbagai tempat.

di era web 2.o inipun pemilu jadi tampil beda, dengan fenomena facebook beserta kontroversinya, para caleg berusaha menggaet suporter sebanyak mungkin dengan membuat profil pribadi bahkan fans page. page facebook inipun bertambah kontroversial dengan munculnya page penolakan para tokoh yang maju dalam pilpres (page say no to....).

hasil pemungutan suarapun di era 2.0 ini menjadi hal yang berbeda dengan angka-angka yang real time mengalahkan kecepatan media cetak bahkan media televisi. hasil perhitungan quick count-pun marak dipublikasikan di media internet dalam hitungan detik selalu update. dan buat pembaca yang pengin ikutan mengikuti perkembangan pemilu ini selalu buka blog ini aja atau kalo di henpon boleh kok buka http://m.twitter.com/tamtomo atau via web di http://www.twitter.com/tamtomo

oh iya sekedar informasi, kpu sebenarnya punya site khusus hasil pemilu kali ini dengan alamat http://tnp.kpu.go.id/2009

written by: tamtomo
comment on facebook

No comments: