Popular Posts

Google Trends Indonesia

Wednesday, February 03, 2010

038.Ubah atau Rubah? Mengubah atau Merubah?


Mana yang sering didengar? "Ubah" atau "Rubah"? "Mengubah" atau "Merubah"? Kalo diperhatikan dari pencarian di mbah Google kata "Merubah" menduduki porsi sebanyak 34.4% dan sisanya ditempati kata "Mengubah" sebanyak 5.1 juta, jadi teryata ada sebanyak 2.7 juta yang salah memberikan awalan "me" di depan kata "ubah" menjadi "Merubah", anda termasuk yang mana?.

Kata dasar dari "mengubah" adalah "ubah" bukan "rubah" bahkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata "rubah" artinya binatang jenis anjing, bermoncong panjang, makanannya daging, ikan, dan sebagainya yang dalam bahasa Latin disebut Canis vulpes sedangkan menurut Wikipedia, Rubah adalah karnivora kecil, terdapat 27 spesies rubah, mereka adalah hewan omnivora dan anggota terkecil famili Canidae (mamalia yang berhubungan dengan anjing). Kata dasar "ubah" (fonem awalnya vokal seperti a, e, i, o, u) maka bentuk awalan yang digunakan adalah "meng" bukan "me" atau bahkan "mer" jadi yang benar tetap "mengubah".

Kekeliruan pengucapan "merubah" atau "dirubah" sebenarnya bentuk kekeliruan dengan bentuk awalan lain "be" yang digabung dengan kata dasar "ubah" menjadi "berubah" dengan awalan "ber". Ini juga berbeda dengan kata "rasa" yang ditambah awalan "be" akan menjadi "berasa".

Waduh kok jadi belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar ya.... Selanjutnya bagaimana dengan kata "Perubahan" dan "Pengubahan"?
Post a Comment