Sunday, August 25, 2019

Mice Cartoon & Kartun Kompas Minggu Edisi 25 Agustus 2019: Obituari Dwi Koen "Panji Koming"


MICE CARTOON: BERDUKA
Karya: Muhammad Misrad 
Sumber: Kompas Minggu - 25 Agustus 2019 
(KLIK gambar untuk memperbesar) 

Kamis 22 Agustus 2019 adalah hari berduka bagi para kartunis dan penggemar kartun/ komik di Indonesia karena salah satu kartunis terbaik Indonesia yang setiap minggu mengisi halaman kartun Kompas Minggu dengan Komik/ Kartun Panji Koming telah meninggal dunia. Kartun Panji Koming karya Dwi Koen atau Dwi Koendoro Brotoatmojo telah menghiasi halaman Kompas Minggu sejak 14 Oktober 1979 atau hampir 40 tahun lalu.

Koming yang juga adalah kependekan dari Kompas Minggu adalah kartun dengan setting kerajaan Majapahit tetapi dengan topik terkini. Selain Panji Koming di komik tersebut ada beberapa karakter lain seperti Ni Woro Ciblon, Pailul, Dyah Gembili serta tokoh Mbah dan Denmas Arya Kendor, Ada juga perwujudan anjing yang sering muncul yang disebut "Kirik". Beberapa Kartun/ Komik Panji Koming bisa dilihat di SINI.

Selain menampilkan kartun terakhir Panji Koming (3 frame dengan warna hitam dan 1 frame dengan gambar para tokoh di Panji Koming yang berduka), Kompas Minggu juga menampilkan kartun lain dengan tema belasungkawa dari Mice Cartoon, Sukribo, Konpopilan dan Timun. Spesial dari Mice Cartoon menampilkan seluruh karakter kartun Kompas Minggu pagi dalam 1 frame.



PANJI KOMING 
Karya: Dwi Koendoro
Sumber: Kompas Minggu - 25 Agustus 2019



KONPOPILAN
Karya: Ade R.
Sumber: Kompas Minggu - 25 Agustus 2019
(KLIK gambar untuk memperbesar)



SUKRIBO
Karya: Faisal Ismail
Sumber: Kompas Minggu - 25 Agustus 2019
(KLIK gambar untuk memperbesar)





TIMUN
Karya: Rachmat Riyadi (Libra)
Sumber: Kompas Minggu - 25 Agustus 2019
(KLIK gambar untuk memperbesar)


Ikuti terus postingan kartun-kartun terbaik dari Benny & Mice, Mice Cartoon, Benny Rachmadi dan beberapa kartunis lain di Kompas Minggu di beberapa sosial media berikut:



No comments: