Popular Posts

Google Trends Indonesia

Saturday, July 18, 2009

271.Ritz Carlton, JW Marriot, MU & IndonesiaUnite!


Topik panas hari ini (17.07.2009) selain film terbaru Harry Potter And The Half-Blood Prince juga kejadian mengenaskan yang menimpa kota Jakarta dengan adanya ledakan bunuh diri di hotel JW Marriot dan Ritz Carlton, keduanya di kawasan Mega Kuningan Jakarta. Untuk kesekian kalinya Indonesia terkena teror bom khususnya yang mengarah ke warga asing, hotel Ritz Carlton menurut rencana akan ditempati rombongan MU yang akan main di Jakarta tanggal 20 Juli ini.

Terlepas dari masalah terorisme, gangguan pilpres serta pernyataan SBY menyikapi ledakan kali ini, yang menarik dari fenomena kali ini adalah peranan social media atau social networking yang bergerak cepat memberitakan kejadian ledakan di kedua hotel tersebut. Social media seperti Twitter dan Facebook didominasi update berita tentang ledakan ini beberapa menit setelah kejadian sekitar jam 8 pagi, status Facebook sebagian besar berisi tentang peristiwa ini, Twitter bahkan menjadi sarana buat mengungkapkan keadaan yang disaksikan langsung dari lokasi kejadian. Foto kondisi hotel langsung diupload via Twitpic sekitar jam 8-an bahkan mendahului Breaking News yang ada di MetroTV, foto pertama dari seseorang di Twitter-Twitpic bahkan sempat saya upload juga di Facebook beberapa menit berikutnya.

Menurut ABC News Australia, tweet pertama yang mengabarkan tentang bom kali ini datang dari Daniel Tumiwa via account twitternya, salah satu selebriti yang pada saat kejadian berada di lokasi mengatakan "Bom @ marriot and ritz Carlton kuningan jakarta". Gambar yang diupload via Twitpic juga dilakukan Galuh Riyadi pada saat awal di http://twitpic.com/alt25

Status pengguna Facebook di BlackBerry saya selalu berubah dengan isi yang berbeda mulai dari hujatan, makian, kekecewaan, kesedihan bahkan tentang MU feat. Indonesia All Star yang batal manggung di Senayan. Twitter lebih cepat lagi terlihat di UberTwitter, beberapa jam setelah kejadian Trending Topic di Twitter didominasi kata kunci (hashtag) "Jakarta" yang berada di posisi 2 pada jam 11an di bawah "Harry Potter" di posisi teratas dan "IE6 must die" di tempat 3 dan satu lagi di urutan keempat kata kunci "Muara Angke". Bahkan di jam setengan tiga posisi "Jakarta" mengalahkan Harry Potter" yang menggambarkan pada saat itu update Twitter didominasi pemberitaan tentang kondisi Jakarta paska ledakan.

Di sore-malam hari berubah lagi dengan munculnya rasa nasionalisme pengguna Twitter, Plurk dan Facebook dengan penggantian Avatar/ Foto Profil dengan nuansa bendera merah putih, kata kunci (hashtag) #indonesiaunite menjadi Trending Topic baru di Twitter bahkan IndonesiaUnite! dibuatkan page di Facebook . Rasa nasionalisme melawan teror juga diungkapkan dengan video yang diupload ke YouTube dari salah satu lagu milik Pandji Pragiwaksono yang berjudul "Kami Tidak Takut".

Photo Source: TwitPic






Post a Comment