Popular Posts

Google Trends Indonesia

Wednesday, November 25, 2009

357.Hari Guru, Masihkah Menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa?

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sabagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan pembangun insan cendekia


Mungkin ada yang melupakan hari ini atau bahkan melupakan bait lirik lagu di atas yang dahulu sering dikumandangkan di bangku sekolah. Mungkin juga ada yang kurang tau tentang perubahan kalimat terakhir lagu tersebut dari “Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa” menjadi “Engkau patriot pahlawan pembangun insan cendekia”.

Hari ini (25 November) di Indonesia dikenal sebagai Hari Guru untuk memberikan penghargaan terhadap guru, salah satu “profesi pendidik” generasi muda. Saat ini peranan seorang guru mungkin sedikit bergeser maknanya seiring dengan perkembangan jaman, makna “pahlawan tanpa tanda jasa” juga bergeser pada masa kini meskipun di beberapa tempat masih tersisa semangat dan perjuangan guru dalam rangka mencerdaskan bangsa. Setahun jugalah lirik lagu Hymne Guru ciptaan Sartono ini berubah untuk memajukan mutu para pendidik ke arah profesionalitas karena yang dibutuhkan sekarang selalin pengabdian juga profesionalisme.

Terlepas dari lirik lagu, Hari Guru atau secara internasional di sebut Teacher’s Day juga diperingati diberbagai negara dengan waktu yang berbeda-beda, kalau di Indonesia disesuaikan dengan ultah PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Secara global peringatan Teacher’s Day jatuh pada tanggal 5 October seperti yang dirayakan di negara Filipina, India, Pakistan dan Rusia.

Lagi-lagi Google sebagai salah satu website pencari terkemuka yang selalu memperingati hari-hari spesial, pada saat Teacher’s Day di berbagai negara tertentu membuat logo spesial atau Google Doodle seperti tanggal 3 Mei di USA, 10 September di China, 14 Oktober di Polandia, 20 November di Vietnam dan 24 November di Turki. Sayang hari ini (25 November) halaman utama Google Indonesia tidak membuat sesuatu yang spesial, tak seperti waktu Teacher’s Day di negara lain.

Selamat Hari Guru…..



Teacher's Day 2009


Teacher's Day 2008: 02 September (Polandia)
Teacher's Day 2006: 10 September (China)

Teacher's Day 2005: 10 September (China)

Teacher's Day 2005: 03 May (USA)


Post a Comment