Popular Posts

Google Trends Indonesia

Tuesday, December 27, 2016

Buku "Little Mice: Game Over!!": No Friends No Games!



satu lagi buka karya muhammad "mice" misrad yang didedikasikan bagi anak-anak indonesia yang saat ini sudah dikuasai oleh yang namanya gadget dan teknologi. buku "little mice game over" membawa kita ke beberapa permainan anak-anak di era 70 sampai 80an yang mungkin merupakan kumpulan nostalgia pengarangnya. kalau dilihat di sampul tertera vol. 01 dan mungkin akan ada vol.2 dan seterusnya.




buku terbitan octopus's garden tahun 2013 ini dimulai dari mice yang galau karena awetnya hujan di hari minggu dan keinginannya untuk hujan-hujanan seperti saat masih kecil. tetapi saat ini mungkin berbeda dengan jaman dulu yang bebas hujan-hujanan telanjang.



beberapa permainan yang ada di buku ini sebagian besar anak-anak jaman sekarang yang gak kenal misalnya ada yang namanya "tembak-tembakan kayu" yang terinspirasi dari film koboi jaman televisi cuman tvri saja. lalu ada yang namanya "pletokan", sesuai namanya senjata dengan amunisi kertas koran basah ini akan berbunyi pletok apabila ditembakkan. senjata lain bernama "sumpitan" dibuat dari bambu dengan amunisi kacang hijau mentah.





satu permainan lagi bernama "bola gebok" dengan bola yang berasal dari gumpalan kertas dan plastik yang diikat dengan karet gelang untuk membungkus batu dan tumpukan pecahan genteng sebagai sasaran lemparan. penasaran bagaimana cara membuatnya dan cara bermain? silahkan baca versi cetak buku "little mice game over".



permainan lain adalah "gelatik" atau ada juga yang menyebut dengan "gatrik" atau "getok lele" yang terdiri dari stik pemukul, stik sasaran dan batu penyanggah dari batu bata.



permainan terakhir yang masih familiar sampai saat ini yaitu "gundu" atau istilah kerennya "kelereng". untuk permainan ini tidak perlu dijelaskan cukup baca saja bukunya termasuk sumber dari "kelereng" yang digunakan serta istilah-istilah dalam  permainan gundu...



akhir kata sesuai yang ada di buku... "di masa itu.. masih sangat berlaku: no friends no games!"... selengkapnya bisa lihat kartun koleksi mice cartoon dan benny & mice di pinterest dan blog bennymice.com.



berikut beberapa cuplikan kartun dari buku "little mice: game over":












Post a Comment